Persaingan Politik Mulai Memanas

Image

Muchlis, Arifin dan Anang Diprediksi akan Maju

 

Masa kepemimpinan Drs H Rachman Ramsyi MSi dan H Muchlis SH baru berakhir pada tanggal 17 Maret 2014 mendatang. Meski terbilang masih cukup lama, suhu politik di Bumi Saraba Kawa ini sudah mulai memanas. Sebagian masyarakat di daerah ini sudah mulai menimang-nimang, siapa-siapa saja yang diperkirakan bakal maju menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabalong periode 2014-2019.

Saat ini sudah ada tiga nama yang santer diisukan bakal ikut bersaing pada pilkada yang kemungkinan akan digelar pada akhir tahun 2013 atau awal tahun 2014 mendatang. Meski hingga saat ini yang bersangkutan kalau ditanya, belum ada satu pun yang berani menyatakan bakal maju bersaing.

Nama pertama yang sering disebut-sebut bakal maju menjadi calon bupati adalah H Muchlis SH yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Tabalong. Politisi Partai Bulan Bintang yang juga mantan Ketua DPRD Kabupaten Tabalong ini digadang-gadang bakal maju menjadi calon bupati untuk meneruskan program pembangunan yang telah dilaksanakannya bersama Bupati H Rachman Ramsyi.

Bakal calon lain yang juga tak kalah sering disebut bakal ikut bersaing adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir H Arifin Noor MT. Pengalaman dan kemampuannya dinilai mumpuni untuk membenahi infrastruktur di daerah ini. Nilai plusnya, selama figur Arifin selama ini dikenal cukup dekat dengan segala lapisan masyarakat.

Nama terakhir yang juga diprediksi kuat bakal maju adalah Drs H Anang Syakhfiani MSi. Pesaing politik Drs H Rachman Ramsyi MSi ini tidak bisa dipandang sebelah mata oleh calon kontestan lainnya. Meski saat ini tidak diberi jabatan alias ‘terpinggirkan’, namun mantan Kepala Bappeda yang sarat pengalaman dan berpandangan visioner ini dikenal memiliki basik massa dan mengakar kuat di masyarakat. Buktinya pada pilkada lalu, meski melawan incumbent dengan modal pas-pasan, ia mampu meraup 28 persen suara.

Selain ketiga kandidat tersebut, masih ada nama lain yang kemungkinan juga bakal ikut bersaing. Yaitu dua muka lama yang sudah dikenal masyarakat Tabalong, Ir H Gusti Kadarusman dan Hasrudin H Hasbullah. Kedua pengusaha sukses di Banjarmasin yang juga putra Tabalong ini bisa saja maju kembali karena penasaran dengan kegagalannya pada pilkada lalu. Seperti diketahui, pada pilkada lalu Kadarusman gagal menjadi orang nomor satu di daerah ini karena kalah bersaing dengan H Rachman Ramsyi. Sementara Hasrudin lebih tragis lagi, ia malah gagal ikut bersaing karena dianggap tidak lolos administrasi oleh KPU.***

 

Prediksi Pasangan dan Parpol Pendukung

 

Tidak lengkap jika membicarakan bakal calon bupati tanpa memperkirakan siapa saja bakal calon pendamping dan partai politik pengusungnya. Berdasarkan pengamatan di lapangan dan penuturan para pemerhati masalah politik di dearah ini, Tabloid TUNt@s menyusun prediksi pasangan dan parpol pendukung para bakal calon.

H Muchlis SH kemungkinan besar berpasangan dengan Drs H Abdel Fadillah MSi yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong. Kedekatan kedua pejabat ini disinyalir bukan hanya antara atasan dan bawahan, tapi karena keduanya memang dikader untuk menjadi pasangan calon pada pilkada mendatang. Nama lain yang juga disebut-sebut bakal mendampingi Muchlis adalah Kepala Dinas Kesehatan dr Syarifuddin Baseri SpOG.

Kendaraan politik Muchlis untuk naik kelas menjadi bupati tentu saja Partai Bulan Bintang yang sempat mengantarkannya menjadi Ketua DPRD Tabalong periode 2004-2009. Meski saat ini PBB hanya mempunyai dua kursi DPRD, namun parpol bentukan Prof DR Yusril Ihza Mahendra ini siap merangkul kekuatan lain seperti Partai Persatuan Pembangunan yang mempunyai tiga kursi DPRD. Koalisi kedua parpol ini sudah mampu mengantarkan Muchlis sebagai calon bupati.

Belum lagi jika Partai Golkar ikut bergabung karena seperti diketahui parpol berlambang pohon beringin ini menggunakan metode survey dalam menentukan calon yang bakal diusungnya. Jika popularitas Muchlis tinggi bukan tidak mungkin parpol kuning ini ikut mendukungnya.

Sementara siapa yang bakal mendampingi Ir H Arifin Noor MT hingga saat ini masih belum bisa ditebak. Sebagian kalangan menilai jika Arifin benar-benar maju maka kemungkinan besar yang menjadi pendampingnya bukan dari kalangan birokrat. Bisa jadi calon wakil itu berasal dari tokoh masyarakat yang sudah sangat dikenal dan familiar di masyarakat. Atau bisa juga diambil dari kalangan politisi.

Untuk partai pengusung tidak bakal sulit didapat oleh Arifin. Selama ini ia dikenal memiliki ‘kedekatan’ dengan sejumlah parpol di daerah ini. salah satunya adalah Partai Demokrat yang memiliki kekuatan empat kursi di DPRD Tabalong, dimana sang isteri, Hj Hardiyanti SSos kini tercatat sebagai anggota DPRD Tapin melalui parpol bentukan SBY tersebut. Parpol lain yang diisukan kemungkinan besar akan mendukungnya adalah Partai Amanat Nasional (empat kursi), Hanura dan Partai Keadilan Sejahtera (tiga kursi).

Lalu siapa pasangan Drs H Anang Syakhfiani MSi jika benar-benar maju pada pilkada mendatang. Tidak seperti pilkada lalu Anang didampingi oleh orang Tabalong yang bermukim di luar daerah, kali ini ia kemungkinan didampingi oleh putra daerah yang berdomisili di Bumi Saraba Kawa ini. Nama-nama yang santer beredar bakal mendampingi Anang adalah Sekretaris DPC Partai Hanura Kabupaten Tabalong Winarto SPd MSi dan pengusaha sekaligus Ketua Yayasan Kremsakt, H Noorhasani atau yang lebih dikenal dengan panggilan Haji Sani.

Sama seperti bakal calon lainnya, parpol pengusung Anang juga masih belum ada kejelasan. Namun diperkirakan ia bakal didukung oleh Partai Hanura yang memiliki empat kursi DPRD. Selain itu, Anang juga memiliki kedekatan emosional dengan Partai Amanat Nasional dan Partai Keadilan Sejahtera. Jika ketiga parpol ini berkoalisi maka akan menjadi kekuatan besar karena memiliki lebih dari sepertiga kursi DPRD.

Namun benar tidaknya prediksi yang disusun berdasarkan ‘panderan-panderan’ masyarakat ini hanya waktu yang bisa menjawabnya. Nanti akan ketahuan siapa berpasangan dengan siapa, serta kemana arah dukungan parpol.***

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s